Thursday, September 6, 2012

Filled Under:

MAKSUD ANIME, MANGA, J-MUSIC, TOKUSATSU & COSPLAY?


Walaupun sudah ada sebagian dari kita yang mengetahui apa itu animemangaj-music dan tokusatsu, ada baiknya admin memberikan ulasan sedikit saja tentang hal-hal tersebut agar mereka yang tidak tahu dengan istilah ini setidaknya tahu apa maksud anime dan yang lain2.



Anime : adalah suatu kata yang digunakan untuk menyebut film animasi, dalam hal ini animasi buatan Jepun. Ia boleh juga disebut Japanimation, tetapi sebutan ini sepertinya kurang populer. Anime boleh dikatakan sama dengan kartun, tapi gayanya berbeza. Karakter-karakter dalam anime kebanyakan mempunyai mata yang besar, kecuali karakter yang sudah dewasa, mempunyai mata yang sedikit kecil. Rambut dalam anime, diwarnai dengan berbagai macam warna. Bahkan untuk warna yang paling mustahil dipakai dalam dunia nyata sekalipun, seperti merah muda, hijau, dll. Untuk targetnya, tidak seperti kartun yang kebanyakan ditujukan untuk anak-anak dan remaja laki-laki, anime ditujukan untuk anak-anak, remaja, dewasa, lelaki atau wanita.

Manga : adalah suatu kata yang digunakan untuk menyebut komik, dalam hal ini komik buatan Jepun. Manga mempunyai sejarah yang cukup panjang di Jepun dan juga digunakan sebagai salah satu sarana pendidikan. Cara penyebutan kata manga yang benar adalah mangga. Di Jepun sendiri huruf “n” dibaca “ng”. Semoga mudah di fahami.

J-Music : merupakan istilah yang dibuat oleh penggemar musik Jepun untuk lebih mengetahui genrenya secara detail. Secara amnya, J-Music adalah musik Jepun. Termasuk di dalamnya J-Pop, J-Rock, dll. Untuk contoh band/artis yang termasuk J-Pop mahupun J-Rock, sepertinya tidak perlu disebutkan lagi.

Tokusatsu : Merupakan singkatan dari “tokushu satsuei” yang dalam bahasa Inggrisnya bermaksud special effects. Jadi arti secara keseluruhan dari kata Tokusatsu itu adalah film atau serial televisyen Jepun yang genrenya action plus special effects. Banyak sekali contoh dari serial Tokusatsu. Sebut saja Kamen Rider Series, Super Sentai Series [ingat dengan Goggle V, Jetman, Turboranger, Megaranger? inilah yang dinamakan Sentai], Metal Heroes [tentu masih ingat dong dengan Gavan, Sharivan, Shaider], Kaiju/Ultraman, Other Heroes [Megaloman, Lion Maru], dan lainnya.

Cosplay : adalah istilah bahasa Inggris buatan Jepun [Wasei-eigo] yang berasal dari gabungan kata “costume” [kostum] dan “play” [bermain]. Cosplay bererti hobi mengenakan pakaian beserta aksesori dan hias wajah seperti yang dikenakan karakter dalam anime, manga, game, atau penyanyi/muzik idola. Pelaku cosplay disebut cosplayer, Di kalangan penggemar, cosplayer juga disingkat sebagai layer. Di Jepun, peserta cosplay boleh dijumpai dalam acara yang diadakan perkumpulan sesama penggemar seperti Comic Market, atau menghadiri konsert dari kumpulan muzik yang bergenre visual-kei. Penggemar cosplay termasuk cosplayer mahupun bukan cosplayer sudah tersebar di seluruh penjuru dunia, diantaranya Amerika Syarikat, RRC, Eropah, Filipina, Singapura, Indonesia dan juga Malaysia. Dalam catatan sejarah Jepun, cosplay pertama kalinya dikenakan oleh Mari Kotani yang memakai kostum Triton of the Sea [judul komik karya Ozamu Tesuka, yang juga terkenal dengan karyanya berjudul Tetsuwan Atom/Atom Boy/Astro Boy]. Dan itu terjadi pada tahun 1978.






Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

Jom Ramai-ramai Meriahkan Ruangan Komen Di Belog Tiga Pagi.
Semua Dalam Tiga Pagi Aje?

© 2013 iPRESS. All rights resevered. Designed by Templateism